air Pictures, Images and Photos

Kamis, 03 November 2011

Gunung Poteng di Kota Seribu Klenteng

Sumber:  http://singkawang-silaturahim.blogspot.com


Gunung Poteng atau biasa disebut dengan Gunung Jempol yang terletak di kawasan kota Singkawang, Kalimantan Barat. Disebut gunung jempol karena ketika dilihat bentuknya seperti bentuk ibu jari yang melengkung. Gunung ini terletak dikawasan Cagar Alam Raya Pasi, dimana Gunung Poteng ini terletak di Kecamatan Singkawang Timur dengan letak geografis antara 0º 45’17” - 01º01’21,51”LU dan 108º59’45,1” - 109º10’19”BT.
Nama kota Singkawang berasal dari kata San Keuw Jong yang berarti kota yang terletak antara laut, muara, gunung dan sungai. Untuk mencapai wilayah gunung  ini tidak mudah, diperlukan waktu yang cukup panjang dan menggunakan alat transportasi yang bermacam-macam pula. Ketika sampai dikawasan ini kita akan mendapatkan suguhan pemandangan hijau dengan kicauan khas burung pedesaan serta sejuknya alam. Berbagai jenis flora yang dilindungi di Cagar Alam ini antara lain Bunga Bangkai (Amorphopallus sp), Bunga Bintang (Rhizanthes zepelii), Bunga Padma Raksasa ((Rafflesia tuan-mudae) dan beberapa jenis anggrek. Sejak zaman dulu kota ini telah menjadi tempat tujuan wisata  dengan didukung  letaknya yang strategis tak heran sampai sekarang tempat ini menjadi tujuan para turis lokal maupun domestik. Kota singkawang merupakan satu-satunya kota administratif di Kalimantan Barat, terletak diantara kota Pontianak dan Sambas yang dahulunya jalur ini banyak terdapat emas.

0 komentar:

Posting Komentar

Tahukan Anda?

-:- Satu pohon dapat memberikan oksigen pada 2 orang manusia. Berarti jika kita menebang 1 pohon kita telah membunuh manusia sebanyak 2 orang.

-:- Planet bumi hanya dapat menampung 10 miliar manusia saja. Lebih dari itu, manusia akan mengalami kekurangan pangan.

Pengikut