air Pictures, Images and Photos

Kamis, 03 November 2011

Kebakaran Hutan di Kubu Raya

Pertanyaan yang akan di tuturkan oleh kita sebagai anak Borneo ialah kapan kebakaran hutan berhenti terjadi di pulau ini ? terdengar sangat sumbang jika kejadian ini dapat terhenti, namun tetap saja selalu jadi harapan bagi kita semua. Hutan di Kalimantan mencakup 30%  kawasan hutan di Indonesia. Tingkat pembakaran hutan pun cukup tinggi. Sebagai contoh  kebakaran hutan yang terjadi di kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Sepekan ini telah terjadi beberapa kebakaran hutan yang melanda kabupaten ini, pemicunya ialah pembukaan lahan pertanian baru. Namun letaknya masih cukup jauh dari satu-satunya bandara udara di Kalimantan Barat, sehingga belum mengganggu aktifitas penerbangan. Masyarakat sekitarpun mulai resah dengan aktifitas pembakaran yang tiada hentinya.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kebakaran hutan terjadi, seperti :
1.      Akibat ulah nafsu manusia, dalam arti hutan di jadikan lahan keuntungan yang menjanjikan, dengan dilakukannya pembakaran hutan berarti akan dibukanya lahan pertanian baru dan atau dijadikan sebagai lahan pemukiman baru.
2.      Akibat dari iklim panas yang membakar dedaunan kering yang akhirnya menyambar kawasan hutan sekitar.
Kerugian akibat pembakaran hutan :
1.      Rusaknya habitat flora dan fauna yang ada di dalam hutan.
2.      Pencemaran udara, yaitu asap yang di timbulkan dari pembakaran hutan akan mengganggu saluran pernapasan manusia.
3.      Keragaman flora dan fauna pun dapat berkurang karena hutan tempat tinggal mereka telah terbakar
Pemanasan global ( Global Warming )

0 komentar:

Posting Komentar

Tahukan Anda?

-:- Satu pohon dapat memberikan oksigen pada 2 orang manusia. Berarti jika kita menebang 1 pohon kita telah membunuh manusia sebanyak 2 orang.

-:- Planet bumi hanya dapat menampung 10 miliar manusia saja. Lebih dari itu, manusia akan mengalami kekurangan pangan.

Pengikut